ads ads ads ads

Sabtu, 04 Desember 2010

Helicon Photo Safe

Jika Anda menginginkan peramban berkas (file browser) foto yang memiliki fasilitas ekstra, inilah salah satu solusi alternatifnya. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki fasilitas pembuat direktori terenkripsi untuk menyimpan berkas foto yang tidak boleh diakses oleh orang lain. Helicon Photo Safe juga memiliki fasilitas penampil informasi karakteristik berkas foto yang sangat detail, meliputi grafik sebaran tonal (histogram) dan informasi EXIF. Bukan itu saja, aplikasi ini mampu mengelola berkas foto dengan mengelompokkannya dalam berbagai kategori.

Histogram dapat ditampilkan dalam format monokrom maupun warna sehingga dapat menampilkan kecenderungan pencahayaan (normal, under-exposed, atau over-exposed), intensitas warna (merah, hijau, dan biru) pada zona terang (highlight), zona tengah (midtone), maupun zona gelap (shadow). Informasi lain yang dibeber adalah ukuran berkas foto, resolusi, ukuran cetak pada resolusi 300dpi, serta kedalaman warna (bit depth).

Informasi yang tidak kalah penting adalah EXIF. Tercatat kombinasi setelan pemotretan, antara lain: merek dan seri kamera, kepekaan sensor cahaya (ASA/ISO), tirai kecepatan rana (shutter), diameter diafragma (iris), panjang titik api lensa, metode pengukuran cahaya, dan lainnya. Semuanya ini sangat berharga untuk melakukan evaluasi hasil pemotretan bagi para pehobi fotografi pemula.

Ketika berkas foto dimasukkan ke dalam folder terenkripsi, saat dilihat dari Windows Explorer, thumbnail-nya tidak jelas dan nama berkasnya akan ditambahi dengan ekstensi .ENC. Untuk melakukan enkripsi, pengguna harus terlebih dahulu membentuk folder terenkripsi beserta password-nya, lalu mengeklik kanan pada berkas foto target dan memilihEncrypt Images. Setelah itu, sorot folder terenkripsi, isikan password, dan klik tombolEncrypt Images. Jangan lupa untuk mengunci kembali folder terenkripsi agar thumbnailberkas isinya tidak tertampil di layar utama.

Helicon Photo Safe mendukung berbagai format berkas foto, mulai dari JPEG, TIFF, GIF, BMP, PSD, DNG (digital negative), X3F (Foveon), RAF (Fuji Film), CRW/CR2 (Canon), DCR (Kodak), Leica Digilux 2 Raw, MRW (Minolta), NEF (Nikon), ORF (Olympus), PEF (Pentax), serta SRF/PMP (Sony). (Vincent Bayu Tapa Brata)

Kesimpulan: Cocok untuk pehobi foto pemula yang ingin mengevaluasi hasil huntingberdasarkan informasi setelan pemotretan, mengelola, dan menginventarisasi stok foto.

Spesifikasi Helicon Photo Safe

Jenis

Freeware

Ukuran berkas instalasi

27 MB

Situs web

www.heliconsoft.com

Sistem operasi

WindowsUkuran huruf

Plus : Multifungsi; detail informasi karakteristik berkas foto; dukungan format file yang luas.

Minus : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar