ads ads ads ads

Rabu, 08 Desember 2010

Aplikasi Canggih Deteksi Emosi Lewat Percakapan

(Ist)

Sebuah canggih yang dipresentasikan developer bernama Susana Hernandez Munoz di Portugal, sangat unik. Aplikasi bernama RFuzzy ini bisa mendeteksi emosi seseorang melalui analisa percakapan.

Di ajang First International Conference on Fuzzy Computation yang dihelat di Madeira, Portugal, Susana memperlihatkan bahwa aplikasi yang diciptakannya mampu mengindentifikasi emosi yang tersembunyi dalam ekspresi bicara, sehingga dapat diketahui apakah si pembicara sedang sedih, bahagia atau gugup.

"Aplikasi ini diterapkan dalam pemrograman bahasa bernama Prolog. Prolog sendiri beroperasi dengan sesuatu yang disebut fuzzy logic dan sering digunakan untuk aplikasi kecerdasan artifisial dan sistem ahli.

Selain digunakan untuk mendeteksi emosi dalam percakapan manusia, RFuzzy juga telah digunakan untuk meningkatkan kecerdasan robot. Contohnya, RFuzzy diterapkan pada robot yang bertarung di ajang liga sepak bola robot dunia atau RoboCupSoccer. Disini, RFuzzy berperan penting dalam analisa percakapan maupun tingkat kecerdasan emosional para robot pesepak bola.

Susana menjelaskan, mekanisme logis RFuzzy meninggalkan beberapa margin interpretasi ke komputer. Selanjutnya, komputer akan membuat keputusan berdasarkan sederet aturan logis yang digunakan sebagai parameter pengukuran meliputi volume suara, tingkat nada, kecepatan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar