ads ads ads ads

Rabu, 22 Desember 2010

Update Status Twitter dan Facebook Secara Bersamaan

Apa Anda termasuk penggemar dua jejaring sosial, Twitter dan Facebook? Seringkali Anda ingin update status diketahui orang lain melalui kedua akun tersebut. Bila melakukannya satu per satu pasti akan memakan waktu dan tidak praktis. Untuk itu diperlukan aplikasi tambahan untuk melakukannya.

Sebelumnya memang ada aplikasi SocialToo dan FB2Twitter yang dapat melakukan itu. Namun kini layanan tersebut tidak stabil dan sudah dihentikan. Caranya dengan mengatur di akun Twitter dan mensinkronisasikan ke Facebook. Hasilnya update status di Twitter akan terlihat sama dengan di Facebook.

Pengaturan itu harus dilakukan lewat PC/komputer sebelum dapat dinikmati lewat ponsel. Mau tahu caranya? Ikuti langkah berikut ini:
  1. Pastikan akun Facebook dan Twitter anda sudah dibuka. Pada akun Twitter pilih 'setting'. Pada menu 'web' klik 'You can also add Twitter to your site here'.
  2. Anda akan diarahkan pada menu widgets. Tersedia piihan 'my website' dan Facebook, pilih 'Facebook Application'.
  3. Ketika tampil pilihan Install, arahkan kursor pada 'Install Twitter in Facebook'. Seketika browser akan mengarahkan layar pada akun Facebook. Saat ini terjadi, proses redirect bisa memakan waktu sedikit lebih lama karena proses instalasi atau penambahan aplikasi Twitter pada Facebook sedang berlangsung.
  4. Anda akan diminta izin untuk memasukkan Twitter pada akun Facebook anda. Pilih 'Izinkan'. Pada layar akan terlihat akses apa saja yang dibolehkan, pada pengaturan Facebook tersedia opsi pilihan perubahan.
  5. Anda akan diarahkan kembali pada akun Twitter yang meminta kesediaan Anda untuk melakukan saling konek post. Pilih 'Allow'. Sebaiknya beri tanda centang pada 'Fcebook Profile' agar terjadi penyatuan nama akun dan foto profile. Kembali lagi, Anda akan diminta untuk memberi izin 'post my wall' dari akun Twitter ke Facebook. Pilih 'Allow'. Jadi sebenarnya proses penyatuan posting terdiri dari beberapa langkah. Pertama anda diminta menginstal aplikasi Twitter pada akun Facebook dan mengizinkannya untuk diaktifkan. Selanjutnya proses penyatuan profile akun Facebook mengikuti akun Twitter dan terakhir izin penyatuan update status pada akun Twitter untuk digunakan Facebook.
  6. Tutup semua akun dan matikan browser. Hidupkan kembali browser dan masuk atau aktifkan kembali akun Facebook dan Twitter. Lakukan update status pada Twitter dan kemudian buka jendela Facebook. Bila penyatuan sudah berhasil, pada akun Facebook Anda akan tampil update status yang sama. Bedanya, update status tersebut akan disisipkan gambar burung berwarna biru pada sisi kirinya lengkap dengan nama akun Twitter anda.
  7. Bila suatu saat anda ingin menghapusnya, pengaturan dapat dilakukan pada akun Facebook, pilih akun Facebook. Caranya dengan membuka akun Facebook, pilih akun > pengaturan privasi > aplikasi dan situs web > sunting pengaturan. Di sini anda dapat menghapus aplikasi secara permanen atau hanya sekedar mematikan semua aplikasi yang ada atau aplikasi yang dipilih. selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar