ads ads ads ads

Sabtu, 25 Desember 2010

Tradisi Tahun Baru di Jepang Part 3 Back to Messages Mark as Unread Report Spam Delete To members of Nihon Aikou - Pecinta Jepang Cedrick Kinnison

Masih tentang Osechi, kali ini akan kita bahas lebih dalam tentang Osechi

[Ragam masakan Osechi]

[Makanan inti]

* Tatsukuri, Tazukuri (田作り, pembuat padi)

Sejenis ikan teri yang disebut gomame digongseng dengan bumbu kecap asin dan mirin. Masakan ini merupakan perlambang hasil panen yang melimpah, karena di zaman dulu ikan ini digunakan sebagai pupuk berkualitas tinggi.

* Kazunoko (数の子)

Telur ikan berwarna kuning yang digunakan sebagai harapan dikaruniai banyak anak di tahun yang baru.

* Kuromame (黒豆)

Kacang berwarna hitam yang dipercaya bisa menangkal roh jahat. Selain itu, mame dalam bahasa Jepang bisa berarti "bekerja sekuat tenaga" dan "kesehatan", dan dimakan sebagai harapan agar sehat sepanjang tahun.

* Tataki-gobō (たたき牛蒡)

Akar gobo yang berwarna hitam terlihat seperti burung dalam mitologi yang terbang ketika ada panen yang berlimpah.

[Makanan pelengkap]

* Datemaki

Datemaki adalah telur dadar yang digulung bagaikan kitab sutra, sehingga dimakan sebagai perlambang kebijakan dan pengetahuan. Di daerah Kansai, datemaki digantikan dashimaki.

* Kurikinton

Makanan ini terlihat mewah dan nama makanan ini dalam bahasa Jepang berarti gumpalan emas (kinton) dari buah kastanye (kuri)

* Kombumaki

Kombu masak nimono digunakan sebagai makanan tahun baru karena kombu terdengar mirip kata yorokubu (kegembiraan).

* Kamaboko berwarna merah putih

Makanan olahan dari surimi, berwarna putih dengan sedikit warna merah di bagian pinggir, dipakai untuk melambangkan beras merah dan beras putih.

* Otafuku-mame

Kacang pembawa keberuntungan dengan rasa manis.

[Acar]

* Acar sayur-sayuran berwarna merah dan putih
* Acar lobak
* Acar umbi seroja

[Makanan panggang]

* Ikan sunglir (buri) bakar

Orang Jepang menyebut ikan ini dengan nama yang berbeda-beda sesuai dengan usia ikan. Ikan yang berhasil menjadi dewasa disebut buri, sehingga dipakai sebagai simbol keberhasilan dan sukses.

* Ikan kakap bakar

Ikan kakap merupakan salah satu ikan persembahan untuk dewa, sekaligus nama ikan ini dalam bahasa Jepang terdengar mirip kata "medetai" (kegembiraan).

* Udang bakar

Sungut udang yang panjang dan melengkung dipakai sebagai perlambang orang yang sudah tua, sehingga dimakan sebagai harapan bisa berumur panjang.

* Belut unagi panggang

Belut unagi adalah ikan yang pandai memanjat sehingga digunakan untuk mendoakan keberhasilan yang cepat.

Gambar Osechi ala Kanto

Penyusunan dalam Kotak

Berkas:Japanese Osechi.png
Keterangan:

1). udang masak nishime, 2). tatsukuri, 3). nishime, 4). kamaboko 5). datemaki 6). makanan laut, 7). kombumaki, 8). kurikinton, 9). tobiko (telur ikan), 10). ikan kakap bakar, 11). kazunoko, 12). kepiting dan acar 13). makanan kecil 14). makanan laut dan daging, 15). kuromame, 16). lobster panggang.

[Kotak Osechi]

Secara tradisional kotak kayu (jūbako) untuk masakan osechi terdiri dari 5 susun, walaupun kotak bersusun tiga juga lazim dijumpai sekarang. Kotak kayu dihitung dari atas dan diberi nama: ichi no jū, ni no jū, san no jū, yō no jū, dan go no jū, yang berarti tumpukan kotak nomor 1 hingga nomor 5. Kotak nomor 4 tidak disebut shi no jū, karena angka 4 (shi) terdengar sama dengan "shi" yang berarti "mati". Berdasarkan alasan yang sama, kotak nomor 4 pada kotak bersusun empat disebut go no jū.
Kotak lima susun

* Kotak nomor 1: Iwaizakana
* Kotak nomor 2: Acar dan Makanan pelengkap
* Kotak nomor 3: Makanan panggang
* Kotak nomor 4: Nimono
* Kotak nomor 5: Kosong

Kotak paling bawah sengaja dikosongkan dan tidak diisi makanan, digunakan sebagai simbol tempat yang masih kosong untuk menampung rezeki.

Kotak tiga susun

* Kotak nomor 1: Iwaizakana, makanan pelengkap
* Kotak nomor 2: Makanan panggang, Acar
* Kotak nomor 3: Nimono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar