ads ads ads ads

Minggu, 14 November 2010

Kehebatan iPad


Inilah perangkat yang berhasil menyihir dunia. Setelah mengujinya, kami pun terbuai keistimewaannya, meski akhirnya timbul sebuah tanya.

Apakah karena desainnya yang selalu keren? Atau karena pemasarannya yang hebat? Atau karena pesona Steve Jobs?

Entahlah, kami juga bingung jika harus mendefinisikan alasan kesuksesan produk Apple. Jika ditarik ke belakang, Apple berhasil menancapkan citra produknya melalui iPod. Dari momentum itu, mereka terus melakukan inovasi yang melahirkan perangkat monumental seperti Macbook Air dan iPhone. Kombinasi citra dan inovasi itulah yang mungkin menjelaskan mengapa produk keluaran Apple selalu menimbulkan kehebohan tersendiri.

Hal itu pun terjadi di iPad. Jauh sebelum kemunculannya, orang-orang sudah ramai membicarakan produk yang sering disebut sebagai “iPod Touch raksasa” ini. Ketika Steve Jobs memperkenalkan iPad secara resmi Januari lalu, kehebohan kian terasa. Banyak orang langsung melakukan pre-ordermeski iPad baru keluar 3 bulan kemudian.

Kehebohan itulah yang mungkin bisa menjelaskan rekor yang dicatat iPad. Hanya dalam waktu 28 hari, sudah ada 1 juta iPad terjual. Padahal iPhone yang sebenarnya sudah fenomenal itu butuh waktu 53 hari untuk meraih angka yang sama.

Dahsyatnya lagi, angka itu diraih ketika iPad masih dijual di pasaran Amerika Serikat saja. Ketika akhir Mei lalu iPad dijual di luar AS seperti Jerman, Inggris, Jepang, dan Australia, iPad langsung ludes terjual.

Karena itulah kabarnya Apple harus menunda kemunculan iPad di negara lain (termasuk Indonesia) karena lini produksi mereka tidak sanggup memenuhi permintaan yang menggila itu.

Karena kehebohannya itu, kami pun tertantang untuk menguji iPad. Melalui pasar tidak resmi, kami mendapatkan iPad 16GB dengan harga Rp. 7 juta (harga pertengahan Mei 2010. Red). Harga itu selisih Rp. 2 jutaan dengan harga resmi, namun sepertinya itulah harga yang harus dibayar untuk memiliki iPad saat ini.

(Artikel ini pernah dimuat dalam InfoKomputer edisi Juni 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar