ads ads ads ads

Rabu, 24 November 2010

Apa Hubungan Jam Tangan dengan Printer?

JEPANG, RABU - Puas berkeliling Tokyo sambari melihat kerennya Galeri epSite, InfoKomputer melanjutkan perjalanan ke barat daya Tokyo, tepatnya di Suwa, salah satu kota pegunungan yang masuk dalam wilayah Nagano. Kota indah yang dikelilingi gunung beratap salju ini bukan cuma terkenal dengan dinginnya yang menusuk kulit, tapi juga tempat kelahiran para mekanik yang mampu bekerja dengan ketepatan (presisi) tinggi.

Tak heran di kota ini pulalah lahir perusahaan pembuat jam tangan paling terkenal di Jepang, Seiko. Ya, membuat jam tangan memang butuh presisi tinggi, kalau tidak mau waktu yang ditunjukkan melenceng dari yang seharusnya. Setiap bagian dikerjakan dengan sangat hati-hati dan tepat, bahkan sampai bagian terkecil. Para pelajar setingkat Sekolah Menengah Kejuruan di Suwa, lihai dalam hal yang satu itu.

Bermodal jago presisi, para teknisi Seiko kemudian mengembangkan kemampuannya dengan menciptakan Crystal Chronometer, sejenis jam yang menggunakan kristal supaya tidak terpengaruh dengan perubahan suhu. Tidak berapa lama, dikembangkan pula jam yang bisa men.cetak waktu yang ditunjukannya tanpa melupakan modal presisi khas Seiko. Kemampuan membuat mesin cetak sederhana yang bersanding dengan jam tadi membuat Seiko sadar, bahwa dengan segenap kemampuan yang ada mereka bisa membuat "mesin cetak" elektronik sederhan. Pasa 1968 dibuatlah mesin cetak elektronik generasi pertama dengan seri EP-101. Cara kerjanya sederhana, yaitu dengan memutar sabuk karet berisi deretan angka 0 sampai 9 dan A sampai Z sesuai informasi yang diterima.


Mesin cetak elektronik pertama di dunia itu mendapat sambutan yang baik. Bahkan Seiko "dipaksa" untuk membuat produk yang jauh lebih canggih dari sekadar mencetak angka 0 sampai 9 ditambah alfabet. "EP-101 tidak bisa berhenti sampai disitu, ia harus punya generasi penerus sehingga diciptakanlah anak-anak dari seri EP. Maka kalau diliat, EP ditambah Son (anak laki-laki) akan membentuk kata EPSON, di sinilah sejarah itu dimulai," papar Minoru Usui (Presiden Seiko Epson Corporation) saat menceritakan sejarah perusahaannya di sela-sela acara Epson Micro Piezo Press Tour 2010.

Printer dan jam tangan bukan dua produk yang cuma bisa diproduksi Seiko Epson. Sejak 1970 perusahaan yang sudah punya hampir 80 ribu pegawai di seluruh dunia ini juga membuat PC, LCD, lensa bahkan semi konduktor, scanner dan proyektor di awal 80-an. Semuanya diramu dengan teknologi khas Seiko Epson bernama presisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar