ads ads ads ads

Selasa, 16 November 2010

Domain Internet

Nama Domain (domain name) adalah susunan huruf yang digunakan sesuai dengan identitas dalam komputer-komputer di internet. Nama domain diklasifikasikan ke dalam beberapa tingkat (level) dan mengikuti kepemilikan domain yang biasanya terbatas pada periode tertentu. Uraian berikut menerangkan domain tingkat tinggi (top-level domains ), domain tingkat dua (second-level domains), domain tingkat tiga (third-level domains), dan domain negara (country domains).

Domain tingkat tinggi (Top-Level Domains)

Domain pada tingkat ini diorganisasikan atas tingkatannya dan yang paling tinggi dituliskan di sebelah kanan. Contoh pada domain "itb.ac.id" yang disebut domain tingkat tinggi adalah "ac.id" dan domain tingkat dua adalah "itb.ac.id", sedangkan domain tingkat tiga adalah "www.itb.ac.id".
Beberapa domain tingkat tinggi antara lain (lihat: http://www.livinginternet.com):
- .bitnet — dipakai pada komputer-komputer di dalam jaringan BITNET.
- .com — awalnya ditujukan untuk lembaga bisnis atau "commercial" institutions, tetapi sekarang sering dipakai untuk menunjukan sebuah situs yang dipergunakan oleh perorangan, tujuan bisnis, dan berbagai situs umum lainnya.
- .int — digunakan untuk situs-situs internasional ("International" sites), biasanya situs NATO.
- .edu — digunakan untuk situs institusi pendidikan seperti universitas.
- .gov — digunakan untuk situs pemerintah Amerika Serikat.
- .mil — digunakan untuk situs militer Amerika Serikat.
- .net — awalnya digunakan untuk menunjukan situs-situs yang berkaitan dengan Internet, namun sekarang dipakai pula oleh berbagai situs.
- .org — awalnya digunakan untuk organisasi non bisnis (non commercial organizations), tetapi sekarang banyak juga digunakan oleh berbagai situs.
Indonesia seperti halnya negara-negara lain, telah memiliki domain negara. Pengelola nama domain di Indonesia adalah IDNIC. Domain tingkat tinggi yang dikelola IDNIC antara lain:
- .go.id — digunakan untuk situs-situs pemerintah Indonesia.

- .mil.id — digunakan untuk situs-situs militer Indonesia.
- .net.id — digunakan untuk situs-situs Internet Service Provider.
- .or id — digunakan untuk situs-situs organisasi.
- .co.id — digunakan untuk lembaga bisnis, contoh astra.co.id adalah domain PT. Astra Indonesia.
- .web.id — digunakan untu situs-situs perorangan atau lembaga bisnis.
- .ac.id — digunakan untuk lembaga pendidikan tinggi seperti itb.ac.id (domain Institut Teknologi Bandung), unpad.ac.id (domain Universitas Padjadjaran), unpar.ac.id (domain Universitas Parahyangan).
- AI3-ITB (AI3 Indonesia) juga berpartisipasi memberikan domain gratis untuk lembaga pendidikan nasional (tidak hanya tingkat pendidikan tinggi tetapi juga tingkat menengah dan umum serta lembaga kursus). Domain yang diberikan adalah .ac-id.net, diberikan dengan tujuan untuk sosialisasi teknologi internet di lembaga-lembaga pendidikan nasional. Sampai sekarang domain tersebut tetap diberikan gratis. Pemberian domain ini merupakan salah satu solusi pemasyarakatan teknologi internet, dimana pada umumnya masyarakat pendidikan masih belum banyak memahami perlunya domain untuk institusinya pada tahun 1996 dan pada saat itu koordinasi domain nasional belum dibuat.
Umumnya pada tahun 1996 setiap institusi cenderung mendaftarkan domainnya langsung ke Domain Registrar di Amerika Serikat, bahkan ada juga perorangan. Sejak tahun 1997-1998 registrasi domain nasional mulai terkoordinasi dibawah pengelolaan IDNIC yang selalu bekerjasama dengan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia).

Domain Tingkat Dua (Second-Level Domains)

Umumnya domain tingkat dua seperti .com diberikan (shared) kepada organisasi-organisasi yang tergabung didalamnya. Domain tingkat dua seperti "yahoo.com" dan "livinginternet.com", mungkin saja dilakukan registrasinya oleh perorangan.Tanpa empat karakter yang merupakan domain tingkat tinggi, domain tingkat dua hanya dapat dituliskan lebih kurang 61 kata. Tiap kata bisa mencakup 26 kata, 10 angka, dan karakter hyphen (kecuali karakter hyphen ini tak dapat dituliskan pada awal karakter atau akhir karakter). Karena itu ada 37 kemungkinan karakter untuk 59 kata nama domain, dan ada 36 kemungkinan untuk karakter awal dan karakter akhir. Sehinga kemungkinan untuk nama domain tingkat dua kurang lebih :

( 37 ^ 59 ) * 36 * 36 =
433,018,769,429,481,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,
000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000,000 buah
kemungkinan nama domain berbeda.

Karena itu kita selalu bisa memiliki domain tingkat dua yang bisa diakses di internet. Meskipun demikian hanya ada beberpa pihak yang menggunakan kata-kata yang mudah diingat, dan umumnya seperti mebiwoplax234.com, yang masih dapat dijadikan domain tingkat dua yang baik.

Domain Tingkat Tiga (Third-Level Domains)

Domain tingkat tiga biasanya dibuat oleh pihak-pihak yang telah memiliki domain tingkat dua. Mereka dapat mempergunakannya untuk tujuan yang berbeda-beda, misalnya satu domain untuk akses web dan satu lagi hanya untuk email. Contoh :

www.republika.co.id

mail.republika.co.id

Di Indonesia sejenis domain tingkat tiga yaitu .war.net.id — digunakan oleh perorangan maupun lembaga yang memberikan service atau layanan akses internet dalam bentuk warung internet (WARNET) lihat AWARI.

Domain Negara Lain (Others Country Domains)

Tiap negara memiliki domain tingkat tinggi. Contoh :

DomainNegaraContoh URL
.aeUAEhttp://www.economy.gov.ae/
.atAustriahttp://idefix.htl-tex.ac.at/
.auAustraliahttp://www.morning.com.au/
.bbBarbadoshttp://www.bgis.gov.bb/
.bmBermudahttp://www.kbb.bm/
.brBrazilhttp://home.iis.com.br/

Organisasi pengelola domain di masing-masing negara bertanggungjawab atas penamaan domain tingkat tinggi dan tingkat dua kepada tiap-tiap orang atau organisasi yang memerlukannya di negara itu . Pengelola domain negara masing-masing mencatat dalam bentuk daftar domain yang terdaftar di negara masing-masing. Situs DomainStats.com menjaga daftar nomor domain yang terdaftar di tiap domain negara. Sedangkan IANA mendaftar semua domain tingkat tinggi negara-negara, bersama-sama dengan informasinya dari agen pemerintahan masing-masing berikut personal kontaknya.

Dengan terjaganya daftar tersebut maka aliran data antar jaringan komputer di internet dapat berlangsung dengan baik. Sehingga tiap pengguna internet, bila memanggil sebuah alamat misalnya http://www.yahoo.com, maka dengan serta merta pula data panggilan tersebut mengalir di jaringan internet melalui daftar-daftar yang selalu dijaga keutuhannya tadi (oleh registrar nasional; DomainStats.com dan IANA), sehingga sampai ke jaringan dimana terdapat server berdomain www.yahoo.com, dan saat itu pula data yang dibuat khusus untuk akses web dalam server itu segera dikirmkan ke pengguna internet yang memanggilnya tadi. Proses ini demikian cepat karena dibantu perangkat-perangkat internet switching yang banyak digunakan di ISP-ISP nasional dan internasional dan saluran komunikasi data antar negara yang berjalur lebar yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi nasional masing-masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar