ads ads ads ads

Rabu, 17 November 2010

Fuji Ari, Pilot Wanita Pertama Dalam Sejarah Penerbangan Jepang

130710PilotPerempuanJAL.JPG
(Osaka-Jepang) Fuji Ari (42 tahun), Jumat (09/07), mendapatkan kehormatan menjadi pilot wanita pertama untuk penerbangan dalam negeri, serta dianugerahi bintang pangkat empat, pada upacara yang diselenggarakan di Markas JAL di Osaka.

"Tidak seorang pun termasuk saya, membayangkan hal ini dapat terjadi." ujar Fuji, yang mengaku telah mencintai langit dan pesawat terbang sejak kecil.





Awalnya, Fuji gagal mengikuti tes masuk sekolah penerbangan karena tinggi badannya hanya 155 sentimeter. Namun, karena tidak mau melepaskan mimpinya untuk menjadi pilot, dan karena tidak ada program pelatihan bagi perempuan di penerbangan Jepang, Fuji pindah ke AS seusai menamatkan kuliahnya, serta masuk pelatihan di sekolah penerbangan di daerah Los Angeles.

Saat kembali ke Jepang, meskipun telah membawa lisensi pilotnya, Fuji tetap harus mengikuti pelatihan sambil bekerja paruh waktu karena belum ada lowongan sebagai pilot. Namun, setelah beberapa lama, Fuji diterima oleh JAL Express, yang saat itu pertama kalinya membuka lowongan untuk wanita pada tahun 1999.

Sebagai Co-pilot, Fuji telah menempuh jam terbang sebanyak 5,600 jam. Namun, penerbangan Fuji berikutnya dari Bandara Internasional Osaka (Bandara Itami) ke Bandara Sendai merupakan debut pertamanya sebagai kapten pilot wanita pertama, diantara 3,800 pilot yang terpilih menjadi kapten pilot untuk penerbangan dalam negeri.

"Kamu dapat membuat jalanmu sediri, jika tidak menyerah." pesan Fuji kepada seluruh wanita di dunia untuk tidak berhenti mengejar cita-cita. (AN/MN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar