ads ads ads ads

Jumat, 11 Maret 2011

Japan braces for N-reactor meltdown after tsunami


Sendai, Jepang - Jepang melancarkan operasi penyelamatan besar-besaran militer Sabtu setelah seorang raksasa, gempa-makan tsunami menewaskan ratusan orang dan memutar pantai timur laut menjadi gurun rawa, sedangkan pihak berwenang bersiap untuk sebuah kehancuran mungkin pada sebuah reaktor nuklir.
Perdana Menteri Naoto Kan mengatakan 50.000 tentara akan bergabung dengan upaya penyelamatan dan pemulihan setelah gempa 8,9 skala Richter hari Jumat yang memicu salah satu bencana terbesar Jepang telah menyaksikan - tsunami (7 meter) 23-kaki yang dicuci jauh daratan atas lahan, menghancurkan kota, bandara dan jalan raya di jalan.
Korban tewas resmi berdiri di 413, sementara 784 orang hilang dan 1.128 terluka. Selain itu, polisi mengatakan antara 200 dan 300 mayat ditemukan di sepanjang pantai di Sendai, kota terbesar di daerah dekat pusat gempa. Suatu jumlah yang tak terhitung tubuh juga diyakini terkubur di bawah reruntuhan dan puing-puing. pekerja Rescue belum mencapai daerah itu sulit dilalui.
Menambah kekhawatiran adalah kerusakan di pabrik Fukushima Dai-ichi tenaga nuklir, dimana dua reaktor telah kehilangan kemampuan pendinginan. Karena terlalu panas, meltdown mungkin terjadi di salah satu reaktor, kata Ryohei Shiomi, seorang pejabat komisi keselamatan nuklir Jepang.
Tapi bahkan jika ada meltdown, hal itu tidak akan mempengaruhi orang-orang di luar radius enam mil (10 kilometer), katanya. Sebagian besar dari 51.000 penduduk yang tinggal di daerah bahaya telah dievakuasi, katanya.
Lebih dari 215.000 orang tinggal di 1.350 tempat penampungan sementara di lima prefektur, atau negara, badan polisi nasional mengatakan. Sejak gempa, lebih dari 1 juta rumah tangga tidak punya air, sebagian besar terkonsentrasi di timur laut.
"Sebagian besar rumah-rumah di sepanjang pantai hanyut, dan api pecah di luar sana," katanya seusai meninjau wilayah gempa dengan menggunakan helikopter. "Saya menyadari kerusakan yang sangat serius tsunami yang ditimbulkan."
Wilayah ini terus dikejutkan oleh tremor, bahkan 24 jam kemudian.
Lebih dari 125 gempa susulan telah terjadi, banyak dari mereka atas besarnya 6.0, yang bahkan hanya akan dianggap kuat.
Berteknologi maju Jepang siap untuk gempa dan bangunan yang dapat menahan goncangan yang kuat, bahkan gempa seperti hari Jumat, yang merupakan negara kuat telah mengalami sejak catatan resmi dimulai pada akhir 1800-an. Apa yang di luar kendali manusia adalah pembunuh yang diikuti tsunami.
Click image to see photos of quake, tsunami damage

Reuters/Kyodo
Ini menyapu daratan sekitar enam mil (10 km) di beberapa daerah, menelan perahu, rumah, mobil, pohon dan bahkan pesawat kecil.
"Tsunami itu luar biasa cepat," kata Koichi Takairin, sopir truk 34 tahun yang berada di dalam rig kokoh empat ton ketika gelombang menghantam kota pelabuhan Sendai.
"Mobil kecil sedang disapu di sekitar saya," katanya. Aku hanya bisa duduk di truk saya. "
rig-Nya hancur, ia bergabung dengan aliran yang selamat yang berjalan di sepanjang jalan jauh dari laut dan kembali ke kota pada hari Sabtu. Asap dari setidaknya satu api besar dapat dilihat di kejauhan.
mobil hancur dan pesawat kecil telah campur aduk terhadap gedung-gedung dekat bandara setempat, beberapa kilometer (kilometer) dari pantai. pohon yang ditebang dan puing-puing kayu di mana-mana sebagai pekerja penyelamat meluncur pada kapal melalui air keruh di sekitar struktur banjir, mengorek perjalanan mereka melalui laut dari puing-puing.
komoditas Dasar berada di premium. Ratusan berbaris di luar supermarket, dan stasiun gas dibanjiri dengan mobil. Situasi ini sama di banyak kota-kota lain dan kota-kota di sepanjang garis pantai (2.100 kilometer-panjang) 1.300-mil-panjang timur terkena tsunami.
Juga Sabtu, operator di Fukushima Daiichi pabrik Unit 1 mencoba harus memadatkan bawah panas dan tekanan di dalam salah satu reaktor setelah gempa memutus aliran listrik ke situs dan generator darurat cacat, merobohkan sistem pendingin utama. Pihak berwenang terdeteksi delapan kali tingkat radiasi normal diluar fasilitas dan 1.000 kali normal di dalam ruang kontrol Unit 1's.
Tokyo Electric Power Co, yang mengoperasikan situs Daiichi enam-reaktor di Jepang timur laut, mengatakan pihaknya juga telah kehilangan kemampuan pendinginan pada reaktor kedua ada dan tiga unit di dekat situsnya Daini Fukushima.
Pemerintah mengumumkan keadaan darurat di semua unit.
badan keselamatan nuklir Jepang mengatakan, situasi paling mengerikan di Fukushima Daiichi's, Unit 1 di mana tekanan telah naik dua kali apa yang mempertimbangkan tingkat normal. Atom Internasional Badan Energi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa generator diesel yang biasanya akan terus berjalan pada sistem pendingin Fukushima Daiichi telah dinonaktifkan oleh banjir tsunami.
Jepang mendapat sekitar 30 persen listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir. Pihak berwenang memperingatkan warga harus siap untuk pemadaman listrik yang parah. Lebih dari 1 juta rumah tangga di seluruh Jepang, terutama di timur laut, masih tidak memiliki akses terhadap air.
Di Sendai, seperti di banyak wilayah timur laut, sel layanan telepon turun, sehingga sulit bagi orang untuk berkomunikasi dengan orang yang dicintai.
"Saya sedang menunggu anak saya untuk datang ke sini Tapi aku tidak bisa mengatakan bahwa ia harus datang ke sini karena ponsel tidak bekerja.," Kata seorang wanita di tahun 70-an nya TV Jepang di penampungan di kota Rikuzentakada, yang muncul untuk sebagian besar hancur oleh tsunami.
"Suami saya hilang," katanya. "Air Tsunami telah naik ke lutut saya, dan saya mengatakan kepadanya saya akan pergi dulu. Ia belum datang."
Pada hari Jumat, Pasifik Seluruh dalam siaga - termasuk daerah pesisir Amerika Selatan, Kanada dan Alaska - tetapi gelombang yang tidak seburuk seperti yang diharapkan.
Presiden Barack Obama menjanjikan bantuan AS berikut apa yang ia sebut berpotensi "bencana" bencana. Dia mengatakan satu kapal induk AS sudah di Jepang dan yang kedua sedang dalam perjalanan. Sebuah kapal AS juga menuju Kepulauan Mariana untuk membantu apabila dibutuhkan, katanya.
Kebanyakan kereta api di Tokyo mulai berjalan kembali Sabtu setelah kota itu telah dibawa ke berhenti dekat hari sebelumnya. Puluhan ribu orang telah terdampar dengan jaringan kereta api bawah, kemacetan jalan-jalan dengan mobil, bus dan truk mencoba untuk keluar dari kota.
Kota ini didirikan 33 penampungan di balai kota, di kampus-kampus universitas dan di kantor-kantor pemerintah, tapi banyak menghabiskan Jumat malam jam 24-jam, hotel kafe dan kantor.
terburuk gempa sebelumnya Jepang adalah gempa berkekuatan 8,3 di Kanto yang menewaskan 143.000 orang pada tahun 1923, menurut USGS. Sebuah gempa berkekuatan 7,2 di Kobe menewaskan 6.400 orang pada tahun 1995.
Jepang terletak di "Cincin Api" - sebuah busur dan zona gempa vulkanik peregangan sekitar Pasifik dimana sekitar 90 persen gempa dunia terjadi, termasuk salah satu yang memicu 26 Desember 2004, tsunami Samudera Hindia yang menewaskan diperkirakan 230.000 orang di 12 negara. Sebuah gempa berkekuatan-8,8 yang mengguncang Chili pusat pada bulan Februari 2010 juga menimbulkan tsunami dan menewaskan 524 orang.

___
Associated Press penulis Malcolm J. Foster, Mari Yamaguchi, Tomoko A. Hosaka, Shino Yuasa dan Yuri Kageyama di Tokyo memberikan kontribusi untuk laporan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar