ads ads ads ads

Minggu, 30 Januari 2011

Fatal Error!

Pernahkah waktu bekerja dengan AutoCAD, lalu muncul peringatan ini?

AutoCAD 2008 Error Aborting
FATAL ERROR: Unhandled Access Violation Reading 0x002c Exception at 6757c8c3h
Ada beberapa kemungkinan kenapa hal ini terjadi.

1. Physical Memory (RAM) rusak.
Tapi biasanya address yang ditunjukkan tidak berubah. Kalau berubah-ubah, berarti kemungkinan ini hampir pasti bukan masalahnya.

2. Kompatibilitas Anti Virus/spyware
Ada beberapa anti virus yang ternyata tidak kompatibel dengan AutoCAD. Yang pernah dipublish di website Autodesk adalah Panda Antivirus. Cobalah matikan antivirus dan anti spyware untuk mengeliminasi kemungkinan ini.

3. Ada bug pada Software.
Bug selalu ada pada software yang dirilis. Coba cek permasalahan yang ditemui pada website Autodesk. Carilah service pack atau hot fix yang mungkin sudah dirilis untuk masalah tersebut.

4. File corrupt
Ini adalah masalah yang paling sering terjadi… Biasanya karena pola kerja CAD User yang ‘tidak rapih’. Saya pernah menemukan masalah ini terjadi karena si user menggunakan file project yang sudah ada, menggambar di sana, lalu dihapus yang tidak perlu. Di save as untuk nama project baru.
Cara ini bukanlah cara yang baik dalam membuat file. Selalu buat file dari baru, gunakan drawing template untuk menjaga drawing standard… JANGAN PAKAI SAVE AS! Dengan cara ini, semakin banyak error yang bertumpuk. Dan file menjadi corrupt.

Kalau ternyata yang ketiga yang terjadi, bisa coba lakukan hal-hal berikut:

  • Audit dan recover drawing, lakukan PURGE, lalu recover kembali jika perlu.
  • Kalau masih terjadi, coba buat file baru dengan perintah WBLOCK
  • Kalau masih error, cobalah save as ke versi yang lebih rendah, misalnya versi 2000. Lalu buka lagi di AutoCAD versi baru. Autodesk menambahkan banyak fitur pada file DWG. Hal ini semakin membuat kompleks, dan berpotensi membuat error. Dengan save as ke versi lama, bisa menghapus error yang terjadi.
  • Masih error? Cobalah buka pakai program lain, purge atau compress file DWG itu, lalu save. Cobalah buka kembali di AutoCAD. Bisa coba pakai MicroStation untuk tujuan ini.
  • Jika gambar ini dapat anda gambar ulang, anda mungkin harus mulai berpikir untuk menggambar ulang. Jika memang harus diperbaiki, anda dapat membuat file baru, mengkopi satu-persatu elemen gambar ke sana dengan copy-paste. Uji setiap kali elemen baru ditambahkan. Karena ini cukup memakan waktu, biasanya yang lebih baik adalah menggambar ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar